tuturwidodo..com

tuturwidodo..com

01 April 2013

A Clause or a Sentence? Are They the Same?

Ditulis Oleh pada 01 April 2013


Salam Semangat!!

Telah kita pahami dari ulasan sebelumnya, bahwa dua unsur penting yang wajib ada di dalam sebuah kalimat adalah subjek dan predikat. Jika dalam serangkaian kata - kata terdapat kedua elemen tersebut terbentuklah sebuah unsur yang disebut KLAUSA. Sehingga bisa dikatakan bahwa di dalam sebuah kalimat terdapat klausa.

Juga telah kita pahami bahwa subjek dan predikat harus mengungkapkan pikiran yang utuh (rampung) agar dapat disebut kalimat. Sedangkan klausa, walaupun selalu ada subjek dan predikat di dalamnya, ia tak selalu memuat gagasan/pikiran yang rampung. Ada dua macam klausa, yaitu klausa bebas ( independent clause ) dan klausa bergantung ( dependent clause ).

What is the difference between Independent Clause and Dependent Clause?

dependent or independt clause

Seperti yang sudah saya kemukakan di atas, walaupun selalu ada subjek dan predikat di dalamnya, klausa tak selalu memuat gagasan/pikiran yang rampung. Klausa yang mengungkapkan pikiran yang utuh (rampung) disebut independent clause. Karenanya, ia bisa berdiri sendiri sebagai kalimat utuh. Sebaliknya, dependent clause, tidak dapat berdiri sendiri karena pikiran yang dimuat tidak utuh. Ketika ia dipaksakan berdiri sendiri maka ia akan menjadi fragmen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa klausa belum tentu kalimat.

Perhatikan contoh berikut :

Independent clauseDependent clause
She was sick.Because she was sick

Membaca klausa di kolom kiri, Dia (perempuan) sakit, kita tidak lagi bertanya-tanya karena pikirannya rampung. Karenanya, kita juga dapat menyebutnya sebagai sebuah kalimat yang bermakna. Lain halnya dengan klausa di kolom kanan. Karena dia sakit masih menyisakan pertanyaan. Dapat Anda bayangkan apabila Anda tiba-tiba menerima pesan singkat berisi Karena dia sakit, padahal Anda tidak memulai obrolan apapun sebelumnya. Atau ketika tahu-tahu seseorang berkata kepada Anda Karena dia sakit. Anda tentu akan bertanya-tanya Apa maksudnya? Lantas saya harus bagaimana?.

Oleh karena itu untuk merampungkan pikiran yang dimuat, klausa bergantung tersebut perlu dilengkapi dengan klausa bebas. Misalkan She did not go to school yesterday (Dia tidak masuk sekolah kemarin), sehingga akan menjadi kalimat yang utuh seperti ini :

She did not go to school yesterdaybecause she was sick.
Independent clauseIndependent clause

atau

Because she was sick,she did not go to school yesterday.
Dependent clauseIndependent clause

Lalu, bagaimana cara mengenali mana yang merupakan klausa bebas dan mana yang klausa bergantung?
Nah, ini yang akan saya bagi pada pos berikutnya.
So, keep in touch with Pintar Matematika.
Sampai Jumpa





1 comments :