tuturwidodo..com

tuturwidodo..com

30 March 2013

Ada Yang Baru Di Matematic's Room? Apa Ya?

Ditulis Oleh pada 30 March 2013


pintarmatematika.net logo

Alhamdulillah per 28 Maret 2013, mathematic-room.blogspot.com secara resmi telah berganti nama dan domain menjadi www.pintarmatematika.net. Setelah dua tahun lebih saya blogging dengan memakai brand Mathematic's Room, saya putuskan mulai tahun 2013 ini, akan menggunakan brand baru yaitu Pintar Matematika.net. Ada beberapa alasan dan harapan atas bergantinya nama dan domain tersebut,

  • Supaya lebih mudah diingat oleh para pembaca.
  • Sebagian besar traffic blog berasal dari Indonesia, jadi akan lebih friendly jika memakai nama matematika daripada mathematic.
  • Dari sisi SEO, keyword yang sering digunakan berkaitan niche blog, tentunya adalah matematika bukan mathematic ( seperti alasan nomor dua ) sehingga dengan memakai kata matematika pada domain harapannya bisa menduduki peringkat atas pada search engine result.
  • Bagaimanapun subdomain blogspot.com adalah subdomain gratisan, sehingga dari segi profesionalitas dan keseriusan kurang menjanjikan. Oleh karena itu, dengan menggunakan custom domain sendiri, ada harapan bisa mendapat nilai lebih, dari pembaca maupun dari search engine.

Nah, itulah beberapa alasan dan harapan dari bergantinya nama mathematic-room menjadi pintarmatematika.net. Tentu saja, ada beberapa akibat dari berubahnya nama domain tersebut. Salah satunya adalah Alexa rank dan Google pagerank akan direset kembali. Sedangkan dari sisi pembaca, mungkin ada beberapa pembaca yang sedikit bingung dengan perubahan ini. Selebihnya saya kira tidak ada efek yang signifikan. Mengingat semua backlink masih tetap valid. RSS feed juga masih OK. Semua link yang dulu memakai link lama yaitu http://mathematic-room.blogspot.com/*** akan secara otomatis diredirect ke www.pintarmatematika.net/***.

Ok, perubahan nama domain menjadi www.pintarmatematika.net adalah perubahan pertama yang saya lakukan di tahun 2013 ini. Perubahan selanjutnya adalah ke depan pintarmatematika.net tidak hanya membahas seputar matematika saja. Akan tetapi, saya akan menambahkan satu lagi subject yang oleh sebagian besar pelajar masih dianggap sulit yaitu Bahasa Inggris. Jadi, akan ada dua kombinasi antara matematika dan bahasa inggris di pintarmatematika.net. Harapannya, tentu supaya bisa lebih membantu secara maksimal kepada siswa maupun orang - orang yang masih membutuhkan bantuan untuk dua subject tersebut. Sehingga tidak ada lagi kata sulit untuk keduanya.

Masalahnya adalah, saya sendiri juga tidak mahir mengenai mata pelajaran bahasa inggris. Oleh karena itu, saya mengundang guest author untuk menghandle bahasa inggrisnya. Untuk itu, materi bahasa inggris saya percayakan kepada rekan saya, Nanik Sri Retnaningsih. Alasannya adalah karena saya yakin beliau orang yang tepat dan kompeten untuk subject bahasa inggris. Jiwa idealismenya juga masih tinggi. Dan untuk membuktikan pilihan saya itu, pembaca pintarmatematika.net bisa melihatnya sendiri dengan mengikuti postingan - postingan dari beliau.

Pertanyaannya sekarang : Apa saya masih akan membuka subject baru di pintarmatematika.net, setelah matematika dan bahasa inggris? Jawabnya tentu TIDAK. Saya rasa dua subject dalam satu blog sudah lebih dari cukup. Jika ditambah lagi pasti akan semakin ramai. Apalagi namanya saja pintarmatematika.net. Jadi, dua anak, eh salah, dua subject saja sudah cukup.

Namun demikian, apabila ada rekan - rekan yang memiliki keahlian, inovasi dan ide gila di bidang matematika serta bahasa inggris dan ingin membaginya, namun malas membuat blog atau website sendiri, maka anda saya undang untuk menjadi guest author di www.pintarmatematika.net. Silakan kirimkan permintaan ke Tutur Widodo selaku admin melalui email di tutur.w87@gmail.com

Sekian pemberitahuan dari kami. Mari maju bersama untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik.

Kebahagiaan adalah ketika keberadaan kita bermanfaat untuk orang lain.
-- Tutur Widodo --





1 comments :

  1. Mantap kang, pengetahuan saya semakin luas, dengan mengetahui caranya. Nice kang. tapi Saya ingin bertanya? Apakah ada pengaruhnya dalam memilih domain TLD .com dengan .net ataupun lainnya? Mohon infonya kang...

    ReplyDelete