tuturwidodo..com

tuturwidodo..com

10 November 2012

Brilliant Competition V

Ditulis Oleh pada 10 November 2012


Brilliant Competition (BComp) adalah sebuah kompetisi nasional sains dan matematika yang ditujukan bagi siswa/i SMP atau sederajat, yang akan diadakan untuk kelima kalinya di SMAK PENABUR Gading Serpong, pada tanggal 17 s.d. 19 Januari 2013.

Peserta adalah siswa/i SMP atau sederajat (kelas 7 s.d. 9). Brilliant Competition dilombakan per tim dengan satu tim terdiri dari 2 orang dari sekolah yang sama. Setiap tim memilih salah satu mata pelajaran yang dilombakan (matematika atau sains).

Biaya pendaftaran adalah sebesar Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) per tim.
Bagi para peserta yang telah lolos Penyisihan 1, technical meeting akan dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2013, sedangkan lomba akan dilaksanakan pada tanggal 18 s.d. 19 Januari 2013. Technical meeting dan lomba akan digelar di

SMAK PENABUR Gading Serpong
Jl. Kelapa Gading Barat Raya, Gading Serpong
Tangerang, Banten 15810


Untuk bidang matematika keterangan lombanya adalah sebagai berikut :

Materi yang dilombakan adalah matematika kelas 7, 8, 9.
Babak penyisihan 1 matematika

Penyisihan 1 sudah dimulai. Siswa/i yang berminat menjadi peserta dapat mendownload soal penyisihan di situs ini (klik di sini).

Soal dikerjakan di daerah masing-masing. Jawaban di-scan dan dikirimkan ke panitia melalui email ke brilliant.gen5 (at) gmail.com, atau dikirimkan via pos ke SMAK PENABUR Gading Serpong. Rincian soal adalah sebagai berikut
30 soal pilihan ganda (benar +3, salah -1, tidak jawab 0 poin)
15 soal isian (benar +3, salah/kosong 0 poin)
5 soal esai (rentang nilai satu soal 0-10 poin)

Jawaban paling lambat diterima panitia pada tanggal 14 Desember 2012. 50 tim dengan nilai tertinggi akan melanjutkan ke babak penyisihan 2 yang akan dilaksanakan di SMAK PENABUR Gading Serpong.

Untuk memudahkan pendaftaran, harap melampirkan formulir pendaftaran beserta bukti transfer biaya pendaftaran bersama lembar jawaban. Formulir dapat didownload di sini.

Babak penyisihan 2 matematika

Babak penyisihan 2 terdiri dari 20 soal isian (benar +5, salah 0, tidak jawab +1 poin) dengan waktu pengerjaan 60 menit. 16 tim terbaik akan maju ke babak semifinal.

Bila ada dua atau lebih tim yang memperoleh nilai sama, maka tim dengan jumlah jawaban benar lebih banyak akan diutamakan.

Semifinal matematika

Semifinal matematika berupa soal 5 soal esai dengan waktu pengerjaan 90 menit. Nilai maksimum setiap jawaban adalah 7 poin. Empat tim terbaik akan maju ke final.

Final matematika

Untuk mata pelajaran matematika, final akan dibagi menjadi dua babak.

Math Application. Pada babak pertama ini, peserta diberikan beberapa soal esai dengan total nilai 200. Penilaian diambil berdasarkan kemampuan peserta dalam menganalisa soal yang diberikan. Waktu pengerjaan 60 menit.

Tic-tac-toe. Babak ini berupa cepat-tepat dengan menggunakan papan tic-tac-toe. Terdapat 25 soal yang tersembunyi di balik kotak-kotak 5x5.

Tim dengan perolehan nilai tertinggi pada babak pertama berhak memilih kotak pertama. Soal di balik kotak yang dipilih akan diperebutkan oleh semua tim. Tim yang berhasil menjawab soal pada kotak tersebut mendapatkan tambahan poin, dan berhak memilih kotak berikutnya. Kotak akan ditandai sesuai dengan tim yang menjawab.

Bila ada soal yang tidak terjawab, kotak itu dianggap hangus, dan pemilihan kotak selanjutnya dilakukan oleh tim yang terakhir melakukan pemilihan.

Penilaian setiap soal bervariasi antara 10, 20, dan 30. Tim yang menekan bel namun tidak menjawab, akan diberi pengurangan poin sebesar setengah dari poin soal. Tim yang berhasil menandai 5 kotak yang segaris pada papan tic-tac-toe, diberi penambahan 30 poin.

Sumber : www.bee-comp.com







0 comments :

Post a Comment