tuturwidodo..com

tuturwidodo..com

12 August 2010

Aku Ingin Kaya

Ditulis Oleh pada 12 August 2010


Ketika membaca judul kayak di atas yang terlintas dalam benak pasti " Ni orang matre abis ya!". Oleh karena itu, bila anda juga termasuk orang yang berpikiran demikian ANDA SALAH BESAR. Ada baiknya anda membaca dulu cerita dan pendapatku ini. Baru setelah itu silakan beropini sesuka anda.

Di desa tempat asalku, aku punya tetangga. Beliau biasa aku panggil "Mbah Mindhek". Karena memang beliau sudah berumur lebih dari 80 tahun. Yang menarik dari beliau ialah semangatnya. Bayangkan saja ketika umur menginjak senja beliau masih saja giat bekerja menghidupi "anaknya" (perlu diklarifikasi bahwa yang aku maksud "anaknya" ini adalah pria dewasa sudah berkeluarga, anehkan? Terbalik menurutku. Tapi itulah hidup).Sejak aku SD sampai aku kuliah semester lima, beliau setiap hari bekerja mencari dan mengumpulkan daun cengkih kering. Beliau berangkat jam 6 pagi dan pulang saat maghrib. Dan berapa yang beliau dapat? Satu karung daun cengkih.(aku kasih tau, satung daun karung cengkih kira- kira beratnya tidak lebih dari 20 kg dan harga satu kilonya sekitar 250--400 rupiah). Jadi sehari penuh beliau hanya dapat antara 5000 sampai 8000 rupiah. Sebulan tidak lebih dari 200.000. Bisa dibayangkan betapa kuatnya beliau. Walaupun hasilnya kecil tapi beliau jalani dengan ikhlas dan bertahun - tahun tabah. Waktu aku pulang Juli kemarin aku sempatkan main ke rumah beliau. Dan seperti biasa beliau tetap terlihat segar dan bersemangat di umurnya yang sudah lebih dari 80 tahun itu. Waktu aku datang kemarin beliau sedang membersihkan daun kelapa untuk dibuat sapu lidi. Ternyata beliau sekarang sudah tidak kuat lagi mencari daun cengkih. Dan untuk menyambung hidup beliau membuat sapu lidi.

Benar - benar wanita super!

Keren abis!

Dari pengalamanku itu aku jadi mulai berpikir. Ternyata hidup itu berat. Cari uang itu susah walau hanya seribu bagi beberapa orang. Sedangkan aku, alhamdulilah masih diberi kemudahan. Paling tidak kalau hanya puluhan ribu masih lumayan gampang. "Ga bermaksud sombong lho!" Intinya begini. Sebagian orang oleh Allah diberi kelebihan dan dengan kelebihan itu lebih gampang cari uang. Sedangkan sebagian lain diberi keterbatasan sehingga kesempatan mencari uang susah. Dan menurutku aku termasuk golongan yang pertama. Jadi, mengapa aku tidak gunakan kelebihanku untuk cari uang sebanyak- banyaknya. Kita harus ingat bahwa Allah menitipkan rezeki orang tidak mampu kepada beberapa orang lain. Aku yakin banyak rezeki orang lain yang dititipkan padaku. Oleh karena itu, satu- satunya jalan adalah AKU HARUS KAYA. Sehingga kelebihan yang dianugerahkan padaku, kepercayaan membawa rezeki yang diamanahkan padaku bisa aku tunaikan dengan baik.

Dengan MENJADI KAYA aku bisa membantu orang lain yang kebetulan tidak diamanahi rezeki. Dengan MENJADI KAYA aku bisa berbuat lebih banyak. Tidak hanya tinggal diam saja seperti saat ini.

Jadi AKU HARUS KAYA.

Bagaimana pendapat anda? Masih berpikiran saya matre!

Apapun pendapat anda, aku tetap mengajak AYO KITA JADI KAYA karena siapapun yang bisa mengakses tulisan saya ini pastilah dia orang yang lebih dan punya kemampuan (buktinya bisa akses internet).







2 comments :

  1. "Allah menitipkan rezeki orang tidak mampu kepada beberapa orang lain"
    setujjjuuuu bgd dg hal di atas...

    terkadang mgk bagi kita mendapatkan beberpa puluh ribu dari kerja kita itu adlah hal yg sgt sedikit bwt kita dan mgk dg mudah kita bisa mendapatkannya,
    namun jika kita mau sedikit melihat "kebawah" kita baru sadar bahwa nilai yg kita kira tak berharga ternyata bwt orla sangat sangat dan sangat berharga.

    maka bersyukurlah dengan apa yg kita punya sekarang. syukuri,jaga, kembangkan, dan tetap rendah hati....

    ReplyDelete