tuturwidodo..com

tuturwidodo..com

15 July 2010

Presentasi Dengan LaTex Beamer

Ditulis Oleh pada 15 July 2010


Apabila diminta membuat presentasi, baik untuk tugas, promosi, seminar atau yang sejenisnya kebanyakan memanfaatkan MS-Power Point sebagai pilihan pertama. Hal ini wajar sebab sejak mengenal Program Komputer MS Office sangat melekat dengan kita. Ini juga tidak salah. Hanya saja saya menemui masalah ketika harus membuat presentasi yang banyak sekali equation atau simbol- simbol matematikanya. Dengan MS-Power Point untuk membuat equation harus pake insert object. Kalau satu dua sih tidak masalah. Kalau banyak, capek dech!

Untuk mengatasi itu, aku tawarkan program alternatif( kayak energi aja). Program yang aku maksud adalah Latex Beamer. Dengan Latex Beamer, untuk membuat equation atau insert simbol mudah banget. Tetapi syaratnya harus paham Latex( yaah!!!). Tapi tenang aja Latex tu mudah ko. Tanya aja dengan Om Google. Masukan Key " Latex Tutorial"segudang artikel dan related web akan muncul.
Kembali ke Latex Beamer ya. Untuk membuat presentasi dengan Latex Beamer, program yang harus diinstal sebagai berikut :



  1. Latex Beamer Class
  2. PGF Package
  3. XCOLOR Package

Semua program di atas bisa di dapat di http://bitbucket.org/rivanvx/beamer atau www.ctan.org.
Setelah semua terinstall anda bisa mulai dech membuat slide presentasu dengan Latex Beamer. Hasilnya nanti berupa file PDF. Jadi, bisa dibuka di komputer lain dan dijamin hasil sama persis dengan yang ada di komputer kita ( tau tidak aku pernah pake MS POwer Point, ketika aku buka di komputer lain hasil tampilannya tidak sebagus di komputerku).
Terakhir, ini aku berikan contoh slide sederhana dengan Latex Beamer.


SELAMAT MENCOBA. http://www.emoticonizer.com





2 comments :

  1. oy, ni q dah download smua program yang dibutuhkan. tapi, gara2 infona krg lengkap, g xa q buka cos q g pnya miktex. nti nek downloadan miktexq gagal minta softcopynya ya. & jangan lupa seandainya diriq menemui kesulitan saat menjalankan program, q diajari. ok?
    oya, hari ni muncul statement aneh dari defri ahmad. bikin ktwa ngakak pokoke. kpn2 nek inget tak kasih tau.

    ReplyDelete
  2. Sory, aq asumsikan dah pa tau soal latex. Ga jg hrs pake miktex ko, yg penting kamu punya pengolah kata yg berbasis latex. Buat window ya miktex tu, buat yg doyan ma linux biasanya dh include. Defri? Aq dah lama ga kontak ma tu ank

    ReplyDelete